Senin, 28 Maret 2011

Sistem Operasi dan Sistem Aplikasi


10 sistem operasi
1.    UNIX
Termasuk sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. Merupakan induk dari sistem operasi linux. Unix merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh ALT dan Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turun (varain) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
2.    Sistem Operasi Jaringan (Inggris: Network Operating System)
Adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditunjukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditunjukkan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak (printer), DNS Service, dan lain sebagainya. Istilah ini populer pada akhir dekade 1980-an hingga awal dekade 1990-an.
Beberapa sistem operasi jaringan yang umum dijumpai adalah sebagai berikut:
a.    Microsoft MS-NET
b.    Microsoft LAN Manager
c.    Novell NetWare
d.   Microsoft Windows NT Server
e.    GNU/Linux
f.     Bayan VINES
g.    Beberapa varian UNIX, seperti SCO OpenServer, Novell UnixWare, atau Solari.
3.    MS-DOS (Microsoft Disk Operating System)
Adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antaramuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.
MS-DOS dirilis pertama pada tahun1981, dan seiring dengan waktu, Microsoft pun meluncurkan versi yang lebih baru dari MS-DOS. Tidak kurang hingga 8 kali Microsoft meluncurkan versi-versi baru MS-DOS dari tahun 1981 hingga Microsoft menghentikan dukungan MS_DOS pada tahun 2000. MS-DOS merupakan salah satu kunci keberhasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil kebehasilan Microsoft dalam memproduksi perangkat lunak, dari sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemprograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan kecil pembuat bahasa pemprograman saat didirikan hingga menjadi sebuah perusahaan perangkat lunak yang seolah menguasai dunia.
Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari Microsoft Windows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.

4.    Microsoft Windows
Merupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi Microsoft Windows yang terkenal: Microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.
Windows adalah keluarga sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem opersi windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Evironment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan diatas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS, sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama.
Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem opersi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS.
Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
5.    Windows Xp
Adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama “XP” adalah kependekan dari “Experience”.
Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Profesional dan Windows Me, dan merukakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitektur Windows NT. Windows XP pertama kali di rilis pada 25 oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi pada januari 2006, menurut perkiraan seorang analisis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk pengguna volume license pada 8 November 2006,  dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum pada tanggal 30 Januari 2007.
Banyak original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritl menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal 30 juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui custom-built PC.

6.      Apple Machintos
System operasi yang unggul dalam hal grafik. Memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.
7.      Linux
Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multiuser dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Serta merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya.
Linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain
Asal linux
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compoler).
Saat ini linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, perkembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem opersi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersil (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangankan oleh beragam kelompok orang.


8.       Minix
Adalah sebuah sistem operasi keturunan UNIX yang bersifat open-source, yang dibuat berdasarkan arsitektur microkernel. Kenel sistem operasi ini dibuat oleh seorang profesor di Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda yang bernama Andrew Stuart Tanenbaum yang pada awalnya ditujukan untuk tujuan edukasional. Minix juga menjadi inspirasi bagi Linus Torvalds untuk membuat kenel Linux.
9.      Haiku

Sebelumnya dikenal sebagia OpenBeOS, adalah sebuah proyek sistem operasi open source untuk menciptakan Be Operating System pada komputer x86 dan PowerPC. Dimulai sebagai “OpenBeOs” pada 2001 setelah Bedibeli oleh Palm, Inc. Dan BeOS tidak lagi dilanjutkan. Pada 2004 nama baru dipilih untuk menghindari pelanggaran hak nama Palm. Proyek ini dikendalikan oleh Haiku Incorporated, sebuah perusahaan Nirlaba di New York.

10 sistem aplikasi
1.        Windows Media Player
Adalah perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi Playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA,WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShowServer), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.

2.    Winamp
 Adalah suatu pemutar media buatan Nullsoft yang sekarang meruoakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware yang dapat memainkan berbagai codec dan tipe audio dan juga dapat dikostumisasi.
Winamp pertama diluncurkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Pengembangan Winamp terkini mendapat pujian dari Ben Allison(benski), Will Fisher, Taber Buhl. Maksim Tyrtyshny, Chis Edward dan Stephen (Tag) Loomis.
Pada tahun 2005, Winamp berkembang dari 33 juta pemakai bulanan sampai lebih 57 juta pengguna bulanan, menjadi Winamp yang kedua yang sering dugunakan untuk media pemutar sedunia setelah Windows Media Player.
3.    Microsoft Office
Adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan dibawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan Powerpoint.
4.    Microsoft Work
Adalah sebuah office suite (perangkat lunak produktivasi suite) yang diproduksi oleh Microsoft. Lebih kecil, murah, dan lebih sedikit fitur dari Mc office suite, fungsionalitas inti mencakup word processor, sebuah spreadsheet dan database. Versi yang lebih baru memiliki kalender aplikasi dan sebuah kamus sementara rilis lebih tua termasuk sebuah terminal emulator.


5.    CorelDRAW
Adalah sebuah editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa Kanada. Ini juga merupakan nama Graphik suite corel. Versi baru bernama X5 (sebenarnya versi 15), dirilist pada Februari 2010.
6.    Opera Mini
Adalah sebuah browser web yang dirancang terutama untuk ponsel, tetapi juga untuk smarphone dan personal digital assistant. Ia menggunakan Java ME platform dan akibatnya mengharuskan perangkat selular akan mampu menjalankan aplikasi Java ME. Operamini adalah ditawarkan gratis, didukung melalui kemitraan antara pengembanga, Opera Software perusahaan dan perusahaan mesin pencari Google.
Operamini adalah berasal dari web browser opera untuk komputer pribadi yang telah tersedia untuk umum sejak tahun 1996. Opera Mini mulai sebagai proyek percontohan pada tu]ahun 2005. Setelah resmi rilis terbatas di Eropa, secara resmi diluncurkan di seluruh dunia pada 24 Januari 2006.
7.    Microsoft Visual Basic. NET
Adalah sebuah alat untuk mengenbangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunkan alat ini, para programer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET. Dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Mc Visual C
++, visual C# atau visual J#)


8.        Turbo C++
Merupakan kompiler C++ dengan IDE yang terintegrasi, dikembangkan oleh Borland, terkenal karena kecepatannya dalam kompilasi dan linking. Produk ini merupakan bagian dari keluarga kompiler borland yang sangat populer termasuk Turbo Pascal, Turbo Basic, Turbo Prolog, dan Turbo C. Turbo C++ merupakan suksesor dari Turbo C yang pengembangan lebih lanjut dengan keseragaman tata cara dalam kolpiler sepeti halnya cara yang terdapat pada Turbo Pascal 5.5 dalam menambahkan fungsionalitas object pada versi-versi Turbo Pascal sebelumnya. Namun tidak seperti halnya Turbo pascal, Turbo C++ senantiasa mengikuti dan mempertahankan standar-standar yang berlaku pada bahasa C++.
9.    WinRAR
Adalah sebuah aplikasi untuk kompresi file yang berbasis windows 32 bit. Tipe file RAR bisa mengkompresi file lebih ringkas sekitar 8-15% daripada tipe file saudara tuanya yaitu ZIP. WinRAR mempunyai keunggulan dalam mengkompresi banyak file menjadi hanya satu file RAR untuk keperluan downdoad, upload ataupun e-mail attachment.
10.              Delphi
Adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh Borlan (sebelum dikenal sebagai Inprise). Bahasa Delphi, yang sebelumnya dikenal sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP) pada mulanya ditujukan hanya untuk Mc windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa inidapat pula digunakan untuk membuat program berjalan di sistem operasi Mac OSX dan Windows CE.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar